22 Web Aplikasi Lamaran Kerja Terbaik di Indonesia

//

chandra

Beberapa nama aplikasi untuk pencari kerja terpercaya yang bisa kamu gunakan untuk melamar kerja adalah Google Careers, KarirHub, JobStreet, Linkedin, Indeed, Glassdoor, Glints, Karir dan lain-lain.

Ada beberapa aplikasi lamaran kerja online yang kamu bisa pakai untuk menemukan lowongan kerja full time dan part time (freelance). Bahkan, kamu bisa install aplikasi lowongan kerja resmi pemerintah dan BUMN gratis dari Google Play Store dan iOS App Store.

Apa itu Aplikasi Lamaran Kerja?

Aplikasi lamaran pekerjaan adalah jenis aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mencari dan melamar pekerjaan secara online setelah kamu install di hp.

Aplikasi lamaran pekerjaan biasanya menyediakan banyak pilihan lowongan kerja dari berbagai perusahaan, baik perusahaan besar maupun kecil. Aplikasi tersebut dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan kamu untuk mengunggah CV dan dokumen lainnya sebagai bagian dari proses lamaran pekerjaan.

Aplikasi lamaran pekerjaan biasanya juga menyediakan fitur yang membantu kamu untuk memantau status lamaran pekerjaan yang telah kamu kirimkan. Ada banyak jenis aplikasi lamaran pekerjaan yang tersedia di pasaran, seperti LinkedIn, Jobstreet, Workido, Kalibrr, Glints, dan lainnya.

Sebelumnya download dan install aplikasi, alangkah baiknya kamu telah menyiapkan kelengkapan berkas lamaran kerja.

Cara Menilai Aplikasi Lamaran Kerja Terbaik

Aplikasi Lamaran Kerja Terbaik & Terpercaya

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu ikuti saat menilai aplikasi lamaran kerja terbaik:

  1. Lihat jumlah lowongan yang tersedia: Aplikasi lamaran kerja terbaik biasanya menyediakan banyak pilihan lowongan kerja dari berbagai perusahaan, sehingga kamu bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu.
  2. Lihat reputasi perusahaan yang terdaftar: Aplikasi lamaran kerja terbaik biasanya hanya menyediakan lowongan kerja dari perusahaan yang memiliki reputasi yang baik dan terpercaya. Ini akan memberikan keamanan dan kepercayaan bagi kamu saat melamar pekerjaan melalui aplikasi tersebut.
  3. Lihat fitur yang tersedia: Aplikasi lamaran kerja terbaik biasanya menyediakan fitur yang memudahkan kamu dalam proses lamaran pekerjaan, seperti fitur mengunggah CV dan dokumen lainnya.
  4. Lihat kemudahan penggunaan: Aplikasi lamaran kerja terbaik biasanya mudah digunakan dan memiliki antarmuka yang intuitif, sehingga kamu tidak akan kesulitan saat mencari dan melamar pekerjaan melalui aplikasi tersebut.
  5. Lihat jumlah pengguna: Aplikasi lamaran kerja terbaik biasanya memiliki jumlah pengguna yang besar, karena ini menunjukkan bahwa aplikasi tersebut populer dan banyak digunakan oleh para pencari kerja.
  6. Lihat ulasan pengguna: Baca ulasan pengguna yang telah menggunakan aplikasi lamaran kerja tersebut, baik ulasan positif maupun negatif. Ulasan ini bisa memberikan gambaran tentang kelebihan dan kekurangan aplikasi tersebut.

Dengan mengikuti cara-cara di atas, kamu bisa menemukan aplikasi lamaran kerja terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu. Sekarang, mari temukan rekomendasi situs dan aplikasi lamaran kerja terbaik dan terpercaya di bawah ini.

Aplikasi Lamaran Pekerjaan Terbaik & Terpercaya di Indonesia

aplikasi lamaran pekerjaan terbaik

1. LinkedIn

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi terpopuler untuk mencari pekerjaan dan melamar pekerjaan di Indonesia. LinkedIn menyediakan banyak lowongan kerja dari berbagai perusahaan, baik perusahaan besar maupun kecil.

LinkedIn merupakan jaringan profesional terbesar di dunia di dunia maya saat ini. Jumlah pengguna LinkedIn di Indonesia pada tahun 2020 sebesar 18 juta orang, meningkat sekitar 4 juta orang dari tahun sebelumnya.

Kamu bisa memakai LinkedIn untuk mencari pekerjaan yang tepat ataupun hanya magang, menghubungkan dan memperkuat hubungan profesional, dan belajar keterampilan yang kamu butuhkan sesuai dengan karirmu.

LinkedIn juga merupakan sosial media untuk profesional yang mempermudah orang untuk mencari dan membangun networking, sharing pengalaman dan resume profesional. LinkedIn adalah salah satu anak perusahaan Microsoft.

Baca konten kami tentang cara melamar kerja via Linkedin.

2. Jobstreet

jobstreet - aplikasi lamaran kerja terbaik

Aplikasi ini juga merupakan salah satu aplikasi lamaran kerja terpopuler di Indonesia. Jobstreet menyediakan banyak pilihan lowongan kerja dari berbagai perusahaan di Indonesia, sehingga kamu bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu.

Jumlah pengguna Jobstreet di Indonesia pada tahun 2020 sebesar 16 juta orang, meningkat sekitar 4 juta orang dari tahun sebelumnya.

Aplikasi lamaran kerja Jobstreet ini telah dipercaya oleh profesional dan pencara kerja lebih dari 20 tahun. Sejak dirilis pertama kali 13 Desember 2010, Jobstreet telah didownload lebih dari 10juta kali. Rating aplikasi JobStreet cukup bagus dengan angka 4.6/5.

Perusahaan JobStreet didirikan pada tahun 1997 di Malaysia, dan ke Indonesia tahun 2006.

Jobstreet saat ini bernaung di bawah bendera Grup Seek Asia, yang juga memiliki situs JobsDB. Grup Seek Asia ini berpusat di Australia, dan juga memiliki kantor di Brasil.

Aplikasi ini menyediakan fasilitas kemudahan dalam pencarian kerja dan aneka ragam jenis lowongan pekerjaan di seluruh Asia. Telah berusia lebih dari 20 tahun, dan dipercaya oleh jutaan profesional memulai jenjang karier dan pengembangan karier mereka.

Baca panduan dan tips melamar kerja di Jobstreet.

3. Workido

Aplikasi ini merupakan aplikasi lamaran kerja yang menyediakan banyak pilihan lowongan kerja dari berbagai perusahaan di Indonesia. Workido juga memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk melamar pekerjaan secara online dengan mengunggah CV dan dokumen lainnya.

Jumlah pengguna Workido di Indonesia pada tahun 2020 sebesar 6 juta orang.

4. Kalibrr

Aplikasi ini merupakan aplikasi lamaran kerja yang menyediakan banyak pilihan lowongan kerja dari berbagai perusahaan di Indonesia. Kalibrr juga menyediakan fitur yang memungkinkan kamu untuk melakukan tes kemampuan dan mengirimkan lamaran pekerjaan secara online.

Jumlah pengguna Kalibrr di Indonesia pada tahun 2020 sebesar 5 juta orang.

Kalibrr adalah platform untuk perekrutmen para pencari kerja. Sering kali perusahaan kewalahan saat proses pencarian calon karyawan. Hal Ini karena banyak sekali pelamar sementara proses seleksi masih dilakukan manual.

5. Glints

Aplikasi ini merupakan aplikasi lamaran kerja yang menyediakan banyak pilihan lowongan kerja dari berbagai perusahaan di Indonesia, terutama untuk lowongan pekerjaan di bidang teknologi dan kreatif. Glints juga memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk melamar pekerjaan secara online dengan mengunggah CV dan dokumen lainnya.

Jumlah pengguna Glints di Indonesia pada tahun 2020 sebesar 3 juta orang.

Glints adalah platform rekrutmen pekerjaan online yang berkantor pusat di Singapura. Glints didirikan pada Agustus 2013 oleh Oswald Yeo, Looi Qin En dan Seah Ying Cong.

Mekanismenya adalah melalui situs web, pencari kerja dapat melamar posisi magang, penuh waktu, paruh waktu, atau berbasis proyek dengan perusahaan mitra.

6. Bukalapak

Aplikasi ini merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia, namun Bukalapak juga menyediakan fitur yang memungkinkan kamu untuk mencari dan melamar pekerjaan di perusahaan yang terdaftar di platform ini.

7. Karir.com

Aplikasi ini merupakan aplikasi lamaran kerja yang menyediakan banyak pilihan lowongan kerja dari berbagai perusahaan di Indonesia, termasuk perusahaan besar seperti Bank, Telkom, dan lainnya. Karir.com juga menyediakan fitur yang memungkinkan kamu untuk melamar pekerjaan secara online dengan mengunggah CV dan dokumen lainnya.

Karir adalah Portal Karir pertama di Indonesia, didirikan pada 1999.

Pada Desember 2014, Karir.com melebur menjadi bagian dari Emtek Group, sebuah grup dengan 3 bisnis utama: Media, Telekomunikasi dan Solusi IT, dan Konektivitas.

Beberapa portofolio Media Online Emtek adalah

  • Liputan6.com
  • lakupon.com
  • vidio.com
  • Karir.com.

Portal karir.com menyediakan layanan bagi perusahaan untuk memperoleh kandidat terbaik melalui iklan online.

8. Job Canvas

Aplikasi ini merupakan aplikasi lamaran kerja yang menyediakan banyak pilihan lowongan kerja dari berbagai perusahaan di Indonesia, terutama untuk lowongan pekerjaan di bidang teknologi dan kreatif. Job Canvas juga memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk melamar pekerjaan secara online dengan mengunggah CV dan dokumen lainnya.

9. Jobkeun

Aplikasi ini merupakan aplikasi lamaran kerja yang menyediakan banyak pilihan lowongan kerja dari berbagai perusahaan di Indonesia, termasuk perusahaan besar seperti Bank, Telkom, dan lainnya. Jobkeun juga menyediakan fitur yang memungkinkan kamu untuk melamar pekerjaan secara online dengan mengunggah CV dan dokumen lainnya.

10. JobsDB

Aplikasi ini merupakan aplikasi lamaran kerja yang menyediakan banyak pilihan lowongan kerja dari berbagai perusahaan di Indonesia, termasuk perusahaan besar seperti Bank, Telkom, dan lainnya. JobsDB juga menyediakan fitur yang memungkinkan kamu untuk melamar pekerjaan secara online dengan mengunggah CV dan dokumen lainnya.

Itulah beberapa aplikasi lamaran kerja yang populer di Indonesia.

11. Google Careers

google careers - situs lowongan kerja resmi Google

Google Career merupakan aplikasi lamaran pekerjaan yang disediakan oleh Google untuk membantu para pencari kerja menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan pelamar.

Aplikasi lowongan kerja resmi dari Google ini sangat direkomendasikan buat para pencari kerja, terutama fresh graduate.

Kamu bisa filter pencarian lowongan kerja di Google berdasarkan:

  • Nama profesi
  • Lokasi
  • Skill dan kualifikasi
  • Gelar
  • Tipe pekerjaan
  • Organisasi perusahaan

Kamu bisa kunjungi situs lowongan kerja terpercaya ini di laman resminya careers.google.com

12. KarirHub

karirhub kemnaker - situs & aplikasi lamaran kerja resmi pemerintah

KarirHub adalah situs dan aplikasi lamaran kerja terpercaya yang disediakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia.

Dari laman resminya di karirhub.kemnaker.go.id, Pada November 2022 tercatat lebih dari 755 ribu pencari kerja, 34 ribu lebih perusahaan pemberi kerja dan 212 ribu lowongan kerja.

Beberapa profesi bidang kerjay yang bisa kamu apply di KarirHub Kemnaker adalah:

  • Penjualan dan Pengembangan Bisnis
  • Marketing dan Relasi Publik
  • Penjualan dan Pemasaran
  • Operator
  • Keuangan, Analis
  • Pekerjaan Umum
  • Bagian Umum
  • Pemasaran (Non-Teknis)
  • Supir
  • Pemasaran (Teknis)
  • Manufaktur dan Produksi
  • Operasi Ritel
  • Manajemen Operasional
  • Operasional
  • Teknik, Lainnya
  • Kolektor
  • Manajemen Pabrik

Untuk menggunakan layanan pencari loker gratis dari pemerintah ini, kamu perlu daftar terlebih dahulu di websitenya. Selain melalui situs resminya, kamu juga bisa mendaftar melalui aplikasi KarirHub Kemnaker yang bisa kamu download di Google Play Store.

Sementara, aplikasi di iOS App Store belum tersedia dan akan dirilis segera.

13. KitaLulus

Kitalulus merupakan aplikasi yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia untuk membantu para pelajar dan mahasiswa mencari informasi tentang lowongan pekerjaan, magang, dan beasiswa sesuai dengan minat dan kemampuan pelamar.

KitaLulus mengklaim sebagai platform Pencarian Kerja Teraman di Indonesia.

Kini KitaLulus memiliki 1 juta pengguna aktif yang berasal dari 60+ kota di seluruh Indonesia dengan berbagai pekerjaan terlengkap oleh lebih dari 50.000 perusahaan.

Misi utama mereka, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memaksimalkan kesempatan kerja setiap individu lewat akses terhadap pendidikan berbasis komunitas dan teknologi. KitaLulus membantu meningkatkan dan mengasah kemampuan diri calon pekerja, untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.

Bila kamu ingin melamar kerja di dinas pemerintah, maka bisa mencoba aplikasi KitaLulus.

14. Indeed Job Search

Indeed adalah situs dan aplikasi layanan gratis bagi para pencari kerja. Indeed memberi pencari kerja akses gratis untuk mencari lowongan, membuat CV, dan mencari informasi tentang perusahaan.

Indeed adalah situs lowongan kerja dengan lebih dari 300 juta pengunjung unik setiap bulannya. Indeed berkomitmen untuk mengutamakan para pencari kerja. Menemukan kandidat terbaik untuk suatu lowongan seharusnya tidak sulit.

Alat Indeed yang sederhana dan akan membantumu untuk menemukan, menyaring, dan merekrut calon pencari kerja dengan lebih cepat.

Bila kamu ingin kerja di Alfamart, maka kamu bisa coba daftar aplikasi Indeed ini.

15. EasyWork – Company & HR app

easywork - aplikasi HRD dan lamaran kerja

Easy Work adalah anak perusahaan Exabytes Grup, yang merupakan penyedia layanan web & hosting terbaik di Asia Tenggara.

Aplikasi ini didirikan pada 1 April 2018. Diluncurkan dengan slogan “Perusahaan kini memiliki cara revolusioner untuk mengelola Lebih dari sekedar pekerjaan administrasi!”.

EasyWork merupakan aplikasi yang akan mempermudah UKM dan perusahaan besar dalam pengelolaan tenaga kerja, kolaborasi, absensi, sistem rewarding karyawan, dan administrasi lainnya dengan lebih simple bahkan hanya di perangkat seluler – kapan saja, di mana saja.

16. Upwork for Freelancers

Upwork adalah aplikasi yang menyediakan platform untuk para freelancer dan perusahaan untuk bekerja sama secara online. Aplikasi ini tersedia di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kamu bisa mengakses Upwork melalui website resmi Upwork atau melalui aplikasi Upwork yang tersedia di Google Play Store atau App Store.

Di Upwork, para freelancer dapat menawarkan jasa mereka kepada perusahaan yang membutuhkan dan memposting lowongan pekerjaan secara online. Perusahaan dapat memilih dan mempekerjakan freelancer yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Upwork menyediakan fitur yang memungkinkan para freelancer dan perusahaan untuk berkomunikasi dan melakukan pembayaran secara online.

Bekerja sebagai freelance saat ini adalah hal yang sangat diminati oleh sebagian besar pencari kerja, apalagi setelah pandemi Covid 19.

Munculnya era ‘Work from home’ membuat dunia freelance semakin popular. Karena bekerja freelance bisa dijalankan secara part time dan full time dan bisa di mana saja.

Gaji dalam dollar juga faktor pemikat yang tidak kalah kuat. Semua hal ini didapati pada Upwork, salah satu pasar freelance terbesar, menjadi tujuan banyak freelancer saat ini.

17. Glassdoor – Jobs Search & More

Aplikasi ini menyediakan listing pekerjaan, daftar perusahaan yang mempekerjakan sekarang, dan juga edukasi bagaimana tips wawancara yang berguna bagi calon pekerja.

Didukung dengan alat pencarian kerja yang komprehensif dan saran untuk membantumu menggapai posisi yang kamu inginkan dalam kariermu.

Glassdoor juga menyediakan informasi mengenai gaji, review perusahaan, dan benefit yang ditawarkan oleh perusahaan yang terdaftar di Glassdoor. Aplikasi ini tersedia di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Kelebihan dari Glassdoor adalah:

  1. Menyediakan banyak pilihan lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan yang terdaftar di Glassdoor, baik perusahaan besar maupun kecil.
  2. Menyediakan informasi mengenai gaji yang ditawarkan oleh perusahaan, sehingga kamu bisa mengetahui berapa gaji yang mungkin akan kamu terima saat bekerja di perusahaan tersebut.
  3. Menyediakan review perusahaan yang memberikan gambaran tentang kondisi dan budaya kerja di perusahaan



Juga ada perbandingan ulasan perusahaan, gaji, dan menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlianmu.

18. Jobseeker

Jobseer adalah platform yang aplikasi ponsel social recruitmen. Aplikasi ini akan membantumu mendapatkan pekerjaan yang paling sesuai dengan pengalaman dan pilihan lokasi nada.

Aplikasi juga dilengkapi dengan alat-alat psikotes online untuk mengukur Aspek Kepribadian, Aspek Intelegensi / Kecerdasan, Aspek Minat dan Bakat, Aspek Klinis, Aspek Kepemimpinan, Aspek Sikap Kerja, Aspek Kompetensi dan aspek psikologis lainnya.

19. Ogram – Find Part Time Jobs

Aplikasi Ogram adalah pasar kepegawaian, yang menyediakan bermacam-macam pekerjaan paruh waktu. Ogram adalah cara kerja baru yang memberimu alat mengelola dan meningkatkan karier paruh waktumu.

20. SEEK Job Search

Didirikan di Melbourne, Australia pada tahun 1997, SEEK adalah pemimpin pasar di pasar kerja online yang beroperasi di Asia Pasifik dan Amerika Latin.

Dengan gagasan untuk mempermudah dan mempercepat hubungan antara kandidat dan perekrut dengan memindahkan iklan lowongan kerja di surat kabar cetak secara online, www.seek.com.au secara resmi diluncurkan pada tahun 1998.

21. BrighterMonday Jobs

Akses ke Ribuan Pekerjaan. Aplikasi ini menyediakan ribuan daftar pekerjaan dan temukan yang tepat yang sesuai dengan lokasi, pengalaman, keterampilan dan peran pekerjaanmu. Unggah CV-mu dengan mudah dan lamar pekerjaan dengan cepat menggunakan ponselmu.

22. XING – Your Career companion

Adalah jaringan pekerjaan terkemuka di negara-negara berbahasa Jerman – di sini ada lebih dari 20 juta anggota yang mencari apa yang benar-benar membantu mereka maju dalam kehidupan kerja mereka.

Dan inilah manfaatnya untukmu: Xing akan menunjukkan kepadamu rekomendasi pekerjaan yang dipersonalisasi berdasarkan detail profilmu. XING juga akan merekomendasikan kepadamu ide dan saran dalam prose pencarian pekerjaanmu.

Tips Melamar Pekerjaan Lewat Aplikasi

  1. Buat profil yang menarik: Pastikan untuk membuat profil yang menarik dan informatif di aplikasi lamaran kerja yang kamu gunakan. Sertakan informasi tentang pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlian yang kamu miliki. Jangan lupa untuk mengunggah foto profil yang bagus dan profesional.
  2. Sesuaikan lamaran dengan lowongan yang tersedia: Saat melamar pekerjaan, pastikan untuk menyesuaikan lamaranmu dengan lowongan yang tersedia. Sesuaikan resume dan surat lamaranmu dengan kualifikasi dan kebutuhan yang dituliskan dalam lowongan tersebut.
  3. Buat CV yang terstruktur: Buat CV yang terstruktur dan mudah dibaca, dengan menggunakan font yang jelas dan layout yang menarik. Sertakan informasi penting seperti riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlian yang kamu miliki.
  4. Sertakan referensi: Jika kamu memiliki referensi dari perusahaan sebelumnya atau dari orang yang bisa membantumu dalam proses rekrutmen, jangan lupa untuk menyertakannya dalam lamaranmu. Ini akan memberikan nilai tambah bagi lamaranmu.
  5. Pastikan informasi yang diberikan benar: Pastikan untuk memberikan informasi yang benar dan akurat saat melamar pekerjaan lewat aplikasi. Jangan memberikan informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan atau mengada-ada, karena ini bisa merugikanmu di kemudian hari.
  6. Periksa ejaan dan tata bahasa: Pastikan untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa dalam lamaranmu, agar tidak terdapat kesalahan yang bisa mengurangi nilai lamaranmu.
  7. Jangan lupa untuk mengikuti tata cara yang ditentukan: Pastikan untuk mengikuti tata cara yang ditentukan oleh aplikasi lamaran kerja yang kamu gunakan, seperti mengirimkan resume dan surat lamaran melalui email atau mengunggahnya ke sistem online.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu akan memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima dalam proses rekrutmen melalui aplikasi lamaran kerja.

Rekomendasi

Saran kami, gunakan aplikasi lamaran yang paling cocok dengan keahlian atau background pendidikan kamu. Selanjutnya, kamu bisa mencoba membuat surat lamaran kerja dengan aplikasi di hp.

Artikel ini telah dioptimasi pada Desember 2022 oleh Purwanto

Bagus nih konten. Sharing ah ke network

Tinggalkan komentar